Rektor USU : PIMNAS Dorong Mahasiswa Ciptakan Karya Ilmiah

opening

Dalam rangka menyebarkan semangat berinovasi, PIMNAS 34 USU mengadakan Talkshow dalam rangkaian pameran poster yang berlangsung di gedung Pancasila pada Kamis (28/10/2021). Talkshow ini menghadirkan Rektor USU Dr. Muryanto Amin, Plt Kepala Puspresnas Asep Sukmayadi, S.IP, M.Si  dan Ketua Dewan Juri PIMNAS 34 Prof Dr. Ir. Nuni Gofar, M.S.

Rektor USU menjelaskan, bahwa di kampus bukan hanya untuk belajar di kelas namun juga untuk mengasah talenta khusus seorang mahasiswa untuk menyalurkan kreativitasnya.

“Talkshow dan pameran poster ini menunjukkan bahwa talenta para mahasiswa itu dipertontonkan pada orang banyak dan menjadi solusi. Ini titik awal untuk memancing inspirasi,” tutur rektor.

Menurut rektor, PIMNAS merupakan suatu pemicu untuk mendorong kolaborasi antara dosen dan mahasiswa untuk menciptakan karya ilmiah. USU akan terus meningkatkan PKM agar bisa memberikan dampak berupa solusi dari permasalahan di masyarakat.

Dalam kesempatan yang sama, Plt Kepala Puspresnas Asep Sukmayadi, S.IP, M.Si menjelaskan mengenai kompetisi-kompetisi yang ada di tingkat nasional.“Siswa SMA yang akan masuk ke perguruan tinggi, serta mahasiswa yang di semester awal, setelah mengikuti talkshow ini harapannya memiliki semangat untuk mengikuti PIMNAS nantinya,” harap Asep.

Asep juga mengapresiasi Rektor USU yang telah menampilkan display karya yang membanggakan. “Di sini bisa kita lihat bagian dari eksplorasi sumber daya unggul mahasiswa kita. Diantara karya ini akan ada karya yangg muncul menjadi penyelesaian masalah di masyarakat,” lanjutnya.

Ketua Dewan Juri Prof Dr. Ir. Nuni Gofar berbagi kiat bagaimana cara membuat karya Pekan Kreatif Mahasiswa (PKM). Menurutnya, untuk bisa mengembangkan kreativitas dan mendapatkan ide kreatif harus banyak mengeksplor, membaca, dan melihat permasalahan di sekitar.

Ia mencontohkan salah satu bidang, yaitu PKM Kewirausahaan. “Misalnya kalian ingin ikut PKM Kewirausahaan, bukan berarti misalnya kamu ingin bikin makanan kemudian langsung dijual. Di dalam PKM, kalian harus lihat pasar butuh apa. Lalu kamu membuat produk yang dibutuhkan oleh pasar dan masyarakat,” jelas Nuni.

Para peserta talkshow merupakan mahasiswa semester awal dan siswa SWA di kota Medan. Mereka mendengarkan mengenai pentingnya berinovasi dan berprestasi melalui kegiatan keilmiahan seperti PIMNAS ini.