Penjurian PKM Pada PIMNAS Dimulai, Tim Peserta Siap Tampilkan Yang Terbaik

cropped-lOGO-siTUS.png

MEDAN-HUMAS USU: Usai Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke-34 Tahun 2021 di Universitas Sumatera Utara (USU) resmi dibuka pada Selasa (26/10/2021), tahap penjurian pun dimulai. Tahap penjurian dilaksanakan pada Rabu dan Kamis (27/10/2021) di Fakultas Kedokteran Gigi USU dan Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi USU.

Tahap penjurian dijadwalkan selama dua hari yang digelar secara daring dan luring. Peserta dibagi dalam beberapa ruangan kelas penjurian. Setidaknya total 35 kelas penjurian disiapkan tersebar di 17 kelas penjurian pada FKG USU dan 18 kelas penjurian di Fasilkom-TI USU. Setiap kelas penjurian menampung 21 tim peserta.

Dalam setiap ruangan, tiga juri melakukan peninjauan dan penilaian terhadap Proposal Kreativitas Mahasiswa (PKM) peserta. Sedangkan bidang yang diperlombakan mencakup 9 program, yakni  PKM-Gagasan Futuristik Konstruktif, PKM-Gagasan Tertulis, PKM-Kewirausahaan, PKM-Karsa Cipta, PKM-Karya Inovatif, PKM-Penerapan Iptek, PKM-Pengabdian Masyarakat, PKM-Riset Sains dan PKM-Riset Sosial.

Pada kesempatan kali ini, 3.126 mahasiswa tergabung dalam 735 kelompok PKM, berasal dari 108 perguruan tinggi seluruh Indonesia. Setiap tim akan melakukan presentasi proposal terbaik mereka dihadapan dewan juri. Dewan juri juga akan melakukan tanya jawab usai peserta melakukan presentasi.

Seperti diketahui, PIMNAS ke-34 resmi dibuka pada pada Selasa (26/10/2021). USU sebagai tuan rumah mengambil tema kegiatan Menuju Indonesia Emas Melalui Kolaborasi Untuk Inovasi Dalam Bingkai Kearifan Lokal. Hal ini disampaikan oleh Rektor USU, Dr Muryanto Amin, S Sos, M Si, saat memberikan kata sambutan pada pembukaan tersebut.

“PIMNAS ke-34 ini merupakan salah satu wujud aktif dan kontribusi  Universitas Sumatera Utara dalam memberikan dedikasinya secara penuh pada pengembangan tridharma, sekaligus mengembangkan potensi unggul generasi muda yang akan melanjutkan estafet pembangunan negara ke depan. PIMNAS ke-34 ini akan mengusung dan memediasi seluruh ide, kreativitas dan inovasi generasi muda, serta berkompetisi secara sehat untuk meraih prestasi terbaik, yang tidak saja akan mengharumkan nama institusi yang namanya melekat dan dibawa peserta dalam ajang ini, namun juga diharapkan mampu memberi manfaat luas bagi bangsa dan negara,” sebut Rektor USU.

Dalam kesempatan tersebut ia juga memberikan motivasi kepada para peserta untuk terus semangat dan pantang menyerah. Semangat anak muda harus terus berkobar demi kemajuan bangsa dan negara.

“Satu hal yang harus kita ingat dalam pelaksanaan PIMNAS ke-34 ini adalah, menang atau kalah merupakan hal yang biasa. Yang luar biasa adalah perjuangan, ide dan inspirasi Anda semua, yang dituangkan dengan semangat pembaruan dan kreativitas yang menyala-nyala. Jika kemenangan dalam genggaman, semoga kiranya tidak langsung menjadi lupa diri dan meremehkan sekitar, melainkan terus meningkatkan kompetensi dan kapasitas masing-masing, sehingga dapat menjadi agen-agen perubahan yang akan membawa Indonesia menjadi lebih baik lagi. Jikapun kalah, maka itu bukanlah akhir dari segalanya. Jadikan seluruh proses ini untuk belajar dan memperbaiki kelemahan maupun kekurangan yang ada, dan kembali di masa-masa yang akan datang sebagai yang terbaik dan terdepan,” tegas Muryanto. (RR)