Pameran Poster PIMNAS Ke-34 USU Dibuka untuk Umum

HUMAS USU – Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) Ke-34 Universitas Sumatera Utara (USU) pada Kamis (28/10/2021) diisi dengan pameran poster dan talkshow. Pameran poster itu sendiri menampilkan 735 poster mengenai produk ilmiah yang terdiri dari 8 bidang PKM dan dibuka untuk umum, khususnya siswa SMP dan SMA.

PKM itu di antaranya, PKM Bidang Riset Eksakta, PKM Bidang Riset Humaniora, PKM Bidang Kewirausahaan, PKM Bidang Pengabdian Kepada Masyarakat, PKM Bidang Penerapan Iptek, PKM Bidang Karsa Cipta, PKM Gagasan Futuristik Konstruktif, dan PKM Gagasan Tertulis.

Saat meninjau pelaksanaan pameran, Rektor USU Dr Muryanto Amin mengatakan, poster para peserta berisi produk ilmiah yang sangat inovatif. “Bagus semua produknya itu, mudah-mudahan ini bisa ada tindak lanjut dan kegiatan follow-up nya. Produk dalam poster-poster yang ditampilkan bisa menjadi produk hiliriasasi dan komersialisasi,” ucap rektor.

Penilaian poster oleh juri akan dimulai pada pukul 13.00 WIB selama sekitar 90 menit. Tim juri akan mengamati langsung poster secara luring.

Setelah proses penjurian, pada pukul 16.00 WIB akan diadakan talkshow bersama Rektor USU, Ketua Dewan Juri Puspresnas dan EO dengan tema ‘Kiat-kiat Membuat Poster yang Baik Untuk Lulus PKM’.
“Talkshow ini nantinya juga untuk menstimulus apa yang akan dilakukan setelah PKM-nya,” kata Muryanto.

Koordinator Poster PIMNAS ke-34 USU Ir. Diana Chalil M.Si., Ph.D juga menjelaskan, tujuan dari talkshow agar para pengunjung tidak hanya menikmati, mereka juga akan mendapatkan semacam kiat bagaimana supaya bisa suatu waktu berpartisipasi dalam rangkaian acara PIMNAS.

Menurut Diana, timnya telah melakukan persiapan yang matang, mulai dari pencetakan, pemasangan hingga penataan display.

“Poster yang begitu banyak harus dipajang sedemikian rupa agar memberikan suguhan yang ciamik bagi tim juri dan para pengunjung pameran,” katanya.

Pameran poster PIMNAS ini turut mengundang para mahasiswa serta siswa SMA dan SMK di Kota Medan. Diharapkan, mereka dapat menikmati serta mendapatkan ilmu baru.

Seorang mahasiswa USU Ivan Bakara mengatakan, sangat antusias untuk mengunjungi pameran poster. Menurutnya dengan adanya pameran poster ini, banyak orang yang melihat gagasan ide dan solusi-solusi dari permasalahan yang ada saat ini.

“Dari pameran poster PIMNAS ini, saya mendapatkan banyak informasi. Tampilan posternya juga pastinya sangat kreatif,” ujarnya.